Pencatatan Keuangan UMKM dengan Aplikasi Android

Catatan: Ovicia tidak disponsori samasekali oleh penyedia aplikasi android yang disebut dalam artikel. Artikel ini murni merupakan ulasan tidak berbayar.

Salahsatu faktor yang sering menghambat operasi UMKM adalah aktivitas pencatatan keuangan/ pembukuan. Pencatatan Keuangan menjadi momok bagi UMKM karena melibatkan ketelitian, logika, kemampuan aritmetika, disiplin, yang sering tidak dimiliki oleh pelaku UMK karena kesibukan atau latar belakang pendidikannya.

Sebetulnya salahsatu solusi pencatatan adalah dengan pencatatan Single Entry Accounting, atau pencatatan Buku Kas dan buku Hutang Piutang. Namun demikian, meskipun sudah sangat sederhana, pada prakteknya banyak pelaku UMKM yang tidak disiplin dalam pencatatan. Ada karena lupa, sibuk, atau kehilangan motivasi mencatat karena tidak merasakan manfaatnya secara langsung.

Solusinya, sekarang kita dapat melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan aplikasi mobile/ ponsel Android. 

Manfaat Aplikasi Buku Kas Mobile

Dengan menggunakan aplikasi, beberapa manfaat dapat diambil, seperti:

  • Kita dapat mencatat keuangan di mana saja. Sering kan, sesudah berbelanja, atau beraktivitas, kita harus menunggu sampai di rumah untuk mencatat pengeluaran. Dan apa yang terjadi? Kita sering LUPA mencatat, sehingga saat teringat, mungkin notanya sudah tercecer, atau detil transaksinya terlupakan. Akibatnya, pengeluaran kita banyak yang tidak tercatat, dan menimbukan pertanyaan yang umum dilontarkan, yaitu, 'Kok penjualan bagus tapi untungnya gak ada?' Itulah akibat catatan pengeluaran yang tercecer. Dengan aplikasi android, kita tidak perlu membawa- bawa buku kas kemana- mana. Saat transaksi dilakukan, kita bisa langsung keluarkan Hape dan melakukan pencatatan.
  • Pencatatan menjadi rapi. Karena semua data diketikkan, maka tidak ada lagi kemungkinan salah baca, tulisan kurang jelas, atau salah menjumlahkan. 
  • Pencatatan sudah dipandu oleh aplikasi. Tanpa menggunakan istilah- istilah akuntasi yang ribet.
  • Aktivitas pencatatan menjadi menyenangkan. Karena kita dapat langsung melihat keuntungan yang kita dapatkan, itu menjadi motivasi yang membuat kita lebih bersemangat lagi untuk menjual dan berbisnis.
  • Kontrol pengeluaran. Dengan melihat secara langsung jumlah besaran pengeluaran, kita menjadi sadar akan keborosan dan dapat  memprioritaskan pos- pos pengeluaran mana yang penting dan tidak. Semua ini sangat penting agar usaha kita mencapai kemajuan.

Salahsatu yang kami coba adalah aplikasi BUKUWARUNG. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google App Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bukuwarung&hl=in&gl=US Sudah diunduh lebih dari 1 juta pemakai, dengan rating 4,9 dan rata- rata komentarnya sangat positif.

Fitur Bukuwarung

Beberapa fiturnya sangat menarik, di antaranya:

  • Ukuran file yang kecil, di bawah 10MB, sehingga dapat diinstalasi pada Hape yang sederhana sekalipun.
  • Mencatat pemasukan dan pengeluaran, hutang dan piutang pelanggan. Serta membuat laporan keuangan.
  • Menjadwal dan mengetahui siapa yang belum bayar hutang.
  • Mengirim tagihan hutang Melalui SMS dan WhatsApp.
  • Bisa digunakan untuk beberapa bidang usaha. Misalnya Anda memiliki lebih dari, satu bisnis, maka dapat dicatat dalam pembukuannya masing- masing. Jadi tidak rancu.
  • GRATIS 
Sambil berjalan, kita dapat mempelajari cara pencatatan karena di dalam aplikasi terdapat tutorial yang sangat mudah dan jelas.

Menggunakan Bukuwarung

Penggunaannya sangat mudah, yaitu:
  • Unduh aplikasi di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bukuwarung&hl=in&gl=US , ukuran filenya kecil jadi bisa dipasang di Hape yang jadul juga.
  • Buka aplikasi. Registrasi dengan menggunakan nomor telepon. Ikuti instruksi registrasi.
  • Setelah stratup screen, menu utama akan muncul yang terdiri atas menu Hutang Piutang, Pengeluaran Pemasukan, Penggantian Unit Bisnis, dan menu Pengaturan sbb:

  • Untuk Pemasukan/ Pengeluaran, Klik menu tengah bawah. Pilih Pengeluaran (merah) atau Pemasukan (Biru). Isi dengan jumlah uang yang ditransaksikan, kategori transaksi, serta detail lainnya seperti tanggal transaksi dan keterangan lainnya. Kategori transaksi cukup lengkap. Jika diperlukan, kita dapat menambahkan kategori sendiri. Klik tombol 'SIMPAN TRANSAKSI'


  • Untuk Hutang/ Piutang, Klik menu tengah kiri. Pilih Pemberian Piutang (merah) atau Terima Pembayaran Piutang (Biru). Isi dengan jumlah uang yang ditransaksikan. Salahsatu fitur menarik adalah aplikasi ini langsung mengkoneksi nomor kontak pelanggan penghutang di database hape. Sehingga kita dapat menagihnya secara otomatis. Klik tombol 'SIMPAN TRANSAKSI'


  • Untuk menambah unit usaha, klik tombol palang tiga di kiri atas. Lalu masukkan detil usaha kita. Kita dapat menambahkan foto logo usaha, kartu nama, dsb di pengaturan.
  • Untuk mengubah pengaturan, klik tombol kanan bawah. Salahsatu fitur menarik adalah fitur alarm, dimana kita akan diingatkan pada jam yang dipilih, untuk memperbaharui catatan keuangan sehingga tidak ada yang terlewat. Saya sendiri memasang alarm pukul19:00 di saat sudah agak santai di rumah.

  • Selanjutnya, seluruh penjumlahan dan pengurangan uang kas dapat dimonitor secara langsung saldonya. sehingga kita dapat mengendalikan pengeluaran dengan baik.
  • Laporan Kas dan Hutang Piutang dapat dicetak, didownload (pdf) untuk keperluan arsip kita secara periodik.
  • Demikian mudah kan?
Catatan Penggunaan

Aplikasi ini amat sangat membantu pencatatan keuangan UMKM, dan mengurangi kesalahan- kesalahan/ ketidakdisiplinan pencatatan yang biasa dilakukan. Jangan lupa, aplikasi ini harus dikombinasikan dengan aktivitas administratif lainnya, seperti catatan/ kartu stok.

Selalu simpan bukti- bukti pengeluaran dan pemasukan dalam suatu arsip khusus. Biasanya akan berguna saat ingin mengajukan kredit Bank, atau laporan keuangan ke mitra usaha kita.

Baiklah, demikian ulasan saya tentang aplikasi pencatatan keuangan Bukuwarung. Semoga bermanfaat. SELAMAT MENCOBA! Salam UMKM.




Komentar