Melatih Empati Wirausaha



Empati adalah kemampuan kita untuk memahami perasaan dan permasalahan orang lain di sekitar kita. In adalah ketrampilan yang angat penting jika ingin berhasil dalam berwirausaha.

Kita tahu bahwa sebagai wirausaha, kita menjual SOLUSI. Nah, jika tidak dapat berempati atau berkomunikasi dengan baik, bagaimana kita akan memberi solusi kepada orang lain? Banyaklah mendengar, lebih sedikit bicara.

Ada dua jalan untuk melatih empati, dan keduanya bisa dilatih, yaitu:

  • Pertama dengan mengamati KESAMAAN manusia. Dengan mengamati kesamaan orang lain dengan diri kita sendiri, empati dapat terbangun. Perhatikan, jika kita melihat video atau gambar orang yang menderita, sering kita merasakan sakit juga kan? Itulah yang disebut dengan empati. Setiap mengamati orang, camkanlah bahwa orang itu seperti kita juga. Punya masalah, rasa takut, marah, sedih, khawatir, dsb.
  • Kedua dengan cinta dan sikap baik. Jika kita bersikap baik, atau orang bersikap baik terhadap orang lain, kita akan berempati terhadap mereka. Saat berinteraksi dengan orang, pikirkan, ‘Saya ingin orang ini bahagia. Saya ingin orang ini sukses...’

Inilah yang disebut SIKAP MENTAL. Sikap mental menentukan sikap kita. Semakin sering dilatih, semakin baik sikap kita. Jadi, sering- sering lah berlatih. Perhatikan orang secara acak. Pikirkan ‘orang itu seperti saya’, dan ‘saya ingin orang itu bahagia.’

Berikutnya, empati dapat ditumbuhkan dengan MEMUJI. Bukan sembarang memuji, melainkan memuji PROSESNYA. Jadi bukan, ‘nilainya bagus karena kamu pintar’, atau ‘Wah keren kamu banyak temannya karena cantik ya’ tetapi prosesnya. ‘Wah nilainya bagus, pasti rajin belajar ya.’ Memuji proses akan memacu pertumbuhan.

Empati juga menular. Sikap kita yang baik akan membuat lawan bicara kita juga baik terhadap kita.

Mudah kan? Mulailah melatih empati kita, amati orang- orang di sekitar kita. Selamat mencoba!

Komentar