Managemen yang Buruk



Sebagai wirausaha, kita memiliki kekuasaan penuh atas bisnis kita. Namun seperti kata Paman Ben di Spiderman, ‘with great power comes great responsibility.’ Dalam kekuasaan yang besar terdapat juga tanggungjawab yang besar.

Salahsatu faktor kegagalan bisnis No 1 adalah Buruknya Managemen. Oleh karena itu Ovicia mengupas satu per satu faktor kegagalan usaha ini dalam seri tulisan.

Managemen bisnis terkait dengan pola pikir dan sikap kita. Keduanya pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat keuntungan usaha kita.

Kurangnya Pengalaman dan Ketrampilan Bisnis
Pebisnis pemula seringkali kurang pengalaman dan pengetahuan bisnis dan managemen, seperti pengelolaan keuangan, pembelian, penjualan, produksi, dan SDM. Jika kondisi ini tidak diperbaiki, maka usahanya cepat atau lambat akan bangkrut. Untuk mencegahnya, kita perlu meningkatkan pengetahuan melalui pelatihan atau kursus, atau mempekerjakan orang yang terampil di bidangnya, atau outsourcing sebagian pekerjaannya kepada pihak ke tiga.

Comfort Zone
Abai terhadap usaha juga termasuk hal yang berbahaya. Sering kita merasa bisnis sudah lancar, sehingga merasa sudah menguasai dengan baik. Padahal dunia berubah dengan cepat. Janganlah terlena dengan kesuksesan itu. Sangatlah penting untuk mempelajari, mengevaluasi, merencanakan dan mengontrol seluruh aspek usaha kita secara terus menerus. Misalnya dengan terus update data konsumen, memonitor kecenderungan perubahan pasar, keinginan- keinginannya, juga teknologi terbaru yang disruptif.

Bahkan sering juga, pebisnis kawakan, karena merasa sistem dan prinsip- prinsip kerjanya sudah terbukti berhasil, susah sekali untuk menerima cara- cara baru berbisnis. Ini juga harus diwaspadai.

Sumber Daya Manusia
Untuk menjadi manager yang baik, kita harus juga menjadi pemimpin yang baik, yg menciptakan suasana kerja yang produktif. Mampu mempekerjakan orang yang kompeten, melatihnya, dan mendelegasikan pekerjaan kepadanya. Kita juga harus memiliki pemikiran strategis, mampu mengubah visi menjadi kenyataan, mampu menghadapi perubahan dan melihat peluang- peluang di masa mendatang.

Nah gampang kan mencegahnya? Ikuti saja pelatihan- pelatihan keterampilan bisnis, bukan melulu bidang penjualan. Bidang- bidang administrasi dan keuangan jangan diabaikan. Rekrut dan delegasikan pekerjaan kepada orang yang kompeten sehingga usaha menjadi lancar.

Selamat mencoba!

Baca Seri Mencegah Kegagalan Usaha lainnya:
https://www.ovicia.com/2019/12/pengembangan-usaha-yang-terlalu-cepat.html

Komentar