Menciptakan Kondisi Kerja yang Baik

Happy Employees Make Happy Customers

Sebagai pemilik usaha, sering kita terlalu fokus berbisnis dan menuntut kepada karyawan untuk maksimal melakukan pekerjaannya. Memiliki karyawan tidak sekedar memberi kompensasi upah aja lho. Banyak hal lain yang harus diperhatikan, salahsatunya adalah kondisi kerja.

Sebagai pengusaha yang bertanggungjawab, kondisi kerja harus menjadi perhatian kita. Meskipun usaha kita masih kecil, belum banyak karyawan. Berikut adalah beberapa faktor yang patut diperhatikan dalam menciptakan kondisi kerja yang baik.


  • LINGKUNGAN YANG SEHAT
  • KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA
  • BEBAS DARI DISKRIMINASI
  • PELATIHAN KERJA
  • PERLINDUNGAN, UPAH DAN KESEJAHTERAAN
  • ISTIRAHAT YANG CUKUP

LINGKUNGAN YANG SEHAT
Kondisi kerja yang baik akan meningkatkan retensi dan produktivitas karyawan. Pastikan lingkungan kerja AMAN dan SEHAT. Jika lingkungan kerja sehat, tentu karyawan juga tidak mudah sakit, yang pada akhirnya akan merugikan usaha kita juga. Debu, sanitasi buruk, dan ruangan yang pengap dapat membuat banyak penyakit seperti diare, flu, dan masalah pernapasan.

KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA
Bebaskan tempat kerja dari resiko kecelakaan dan resiko kesehatan. Pastikan karyawan memakain peralatan keselamatan, terutama untuk pekerjaan- pekerjaan yang berbahaya. Berikan pelatihan keselamatan kerja.

BEBAS DARI DISKRIMINASI
Kondisi kerja yang baik memberikan perlindungan emosional, bebas dari diskriminasi, pembulian dan perlecehan. Bebas dari sikap yang tidak bersahabat, terutama diskriminasi menyangkut ras, agama, usia, kecacatan, atau gender.

Jangan sampai karyawan terpaksa bekerja dalam kondisi seperti itu. Perlecehan dan diskriminasi tidak hanya dilakukan atasan terhadap bawahan, melainkan juga antar sesama karyawan, atau oleh pelanggan. Pastikan setiap pengaduan dilayani dengan baik.

PELATIHAN KERJA
Agar pekerjaan berjalan lancar, tentunya kita perlu memberikan pelatihan yang sesuai. Jangan berharap karyawan akan otomatis bekerja sendiri. Setiap karyawan memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti pelatihan kerja sesuai dengan bidangnya.

PERLINDUNGAN, UPAH DAN KESEJAHTERAAN
Berikan upah yang layak bagi karyawan. Bahkan, kita dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Jangan lupa juga mengurus BPJS Karyawan.

Berikan kesempatan juga untuk para penyandang cacat untuk bekerja. Beri fasilitas perlindungan sesuai dengan jenis dan derajat kecacatannya.

ISTIRAHAT YANG CUKUP
Berikan waktu istirahat dan cuti kepada karyawan. Tidak wajib bekerja pada hari-hari libur resmi. Jika bekerja melebihi waktu kerja, berikan upah kerja lembur. Karyawan perempuan berhak memperoleh istirahat untuk mengurus kelahiran bayinya.

MENCIPTAKAN KONDISI KERJA YANG BAIK
  1. Selalu proaktif memberikan solusi atas kesulitan- kesulitan pekerjaan;
  2. Memberi tindakan tegas bagi pelaku diskriminasi/ perlecehan/ bullying;
  3. Ciptakan lingkungan kerja yang aman, sebelum terjadi kecelakaan.
KONDISI KERJA YANG BAIK DAPAT MENJADI KEUNGGULAN USAHA
Kondisi kerja yang baik tentunya meningkatkan nilai usaha kita. Menjadi promosi yang baik bagi pelanggan. Ada pepatah Inggris, 'Happy employees make happy customers'. Karyawan yang bahagia akan menumbuhkan pelanggan yang puas.

Demikianlah, lingkungan kerja yang aman akan meningkatkan kualitas pekerjaan, sebab karyawan merasa dihargai kehidupannya. Selamat mempraktekkan!

Komentar