AYO PAKAI BAJU BEKAS




Berbagi itu indah dan ramah lingkungan

Kita semua suka memakai jeans. Saya yakin teman2 pasti punya setidaknya sepasang celana jeans di rumah. Tapi tahukah teman2 bahwa untuk membuat SATU celana jeans diperlukan 7,600 liter air? Membuang CO2 yg sama dengan naik mobil 120 Km? Untuk menumbuhkan kapasnya, mewarnai, menjahit, mengirim dan memprosesnya. Air sebanyak itu cukup untuk kebutuhan minum satu orang selama 7 tahun!

Belum lagi proses pemakaian dan pemeliharaan pakaian yang sangat banyak membuang DETERGEN, memakai air dan membuang CO2 ke udara. Mari kita ingat2 berapa banyak kita membeli detergen sebulan? Nah, sebanyak itulah yang kita buang ke alam.

Kalaupun menggunakan bahan poliester, terjadi juga pencemaran MIKROPLASTIK, molekul plastik yang kemudian dimakan plankton, lalu dimakan ikan, dan akhirnya dimakan manusia.

Faktanya, industri pakaian adalah salahsatu penyumbang terbesar pencemaran planet bumi ini. Jika konsumsi kita berpakaian masih seperti sekarang ini, maka anak cucu kita akan menghuni bumi yang lebih panas, lebih tandus, lebih kering, dengan berbagai krisis dan konflik sosial.

Apa yang dapat kita lakukan?

  1. Tidak terjebak arus mode. Nikmati saja apa yang kita miliki. Jika bosan, sumbangkan kepada yang ingin memakainya.
  2. Rawat pakaian dengan baik agar awet dan tahan lama. Ikuti instruksi pemakaian dan pencuciannya.
  3. Beli / gunakan pakaian bekas.

Poin penting yang saya sampaikan di sini adalah MEMPERPANJANG USIA PAKAI, apakah itu pakaian, peralatan, dsb. Salahsatunya adalah dengan menggunakan pakaian bekas, atau menyumbangkannya jika sudah bosan. Pakaian yg layak pakai tentunya.

Tunggu apa lagi? Mari kita mulai dari diri sendiri, dari hal- hal kecil, dan dari sekarang. Mulai saat ini saya berkomitmen untuk TIDAK membeli baju baru, melainkan menggunakan baju bekas pakai. Ada yang mau menyumbang? Dengan senang hati saya akan menerimanya, bahkan mengendorse. Baju saya ukuran XL, tinggi 170 BB 75kg. Anak saya tinggi 158cm ukuran L.

Dapat dihubungi di irsanyanuar@yahoo.com Terimakasih.

SELAMATKAN ANAK CUCU KITA - YUK PAKAI BAJU BEKAS!