Manfaat Bergabung dalam Komunitas Wirausaha

Baru memulai usaha? Tentu tidak mudah yaa... Nah mengapa tidak bergabung dengan komunitas dan organisasi wirausaha seperti Ikatan Entrepreneur Cimahi ini. Banyak hal yang didapat dengan bergabung, diantaranya:

1. Berlatih networking dan berkomunikasi. Tidak hanya secara offline, tetapi juga secara online jika Komunitas itu memiliki fasilitas online. Seperti kita ketahui, komunikasi adalah salahsatu kunci sukses usaha kit.

2. Belajar dari senior. Ini juga penting, sehingga kita dapat menimba pengalaman orang yang sudah lebih berpengalaman. Menghindari jebakan- jebakan dalam berbisnis, tips dan trik, dsb.

3. Aktif dalam berkegiatan. Komunitas ini pastinya menyelenggarakan kegiatan secara swadaya kan. Misalnya seminar, pameran, pelatihan, dst. Nah, manfaatkan kegiatan- kegiatan ini tidak hanya sebagai peserta, melainkan juga sebagai panitia. Sehingga kita menimba pengalaman operasional, bekerjasama, dan meningkatkan personal branding.

4. Membantu sesama wirausaha. Menjadi wirausaha adalah memberi solusi bagi permasalahan seseorang. Nah dalam komunitas, biasanya ada satu dua orang yang masih memerlukan bantuan. Ini kesempatan Anda untuk lebih mengasah pengetahuan. Ya, dengan membantu orang lain, sebenarnya kita membantu diri sendiri dalam mengasah rasa EMPATI kita.

5. Selalu belajar. Dengan bergabung dalam komunitas, kita terus- menerus belajar dan meningkatkan pengetahuan kita. Apakah itu pengetahuan teknis, ataupun pengetahuan bisnis. Semata- mata dari berbincang dengan sesama anggota.

Nah banyak kan manfaatnya? Berikut adalah liputan kegiatan IEC yaitu Klinik Bisnis

Limawaktu.id,- Permodalan bukan hanya menjadi fokus utama dalam melakukan aktivitas bisnis, tetapi juga harus ditunjang dengan pengetahuan tentang jasa, service dan produk yang akan dipasarkan.

Hal itu menjadi bahasan dalam kegiatan Klinik Bisnis yang digagas Ikatan Enterpreneur Cimahi (IEC) di sebuah rumah makan yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat pada Sabtu (31/8/2019).

Pelaksana Klinik Bisnis yang juga Ketua IEC Yanuar Irsan mengungkapkan, dengan klinik Bisnis peserta bisa menggali potensi yang harus dilakukan serta saling sharing  dalam kegiatan usahanya. Dengan begitu akan menjadi inspirasi bagi pelaku usaha yang ada di Kota Cimahi dalam mengembangkan dan meningkatkan kegiatan usahanya.

“Fokus bisinis tak hanya permodalan saja, tetapi bagaimana meningkatkan jasa, service serta produk-produk yang bisa dikembangkan dalam aktivitas usaha,” ungkap Irsan, disela kegiatan Klinik Bisnis.

Dikatakannya, Klinik Bisnis diharapkan bisa menjadi ajang berbagi pengalaman antar pelaklu bisnis di Kota Cimahi sehingga aktivitas usahanya akan semakin maju dan berkembang.

IEC sendiri, kata Irsan dibentuk untuk menjadi wadah saling berbagi dan berkumpul para pelaku bisnis sehingga akan saling menguatkan diantara sesame pelaku usaha yang ada.

“IEC kami bentuk pada 2013, intinya bagaimana para pelaku usaha saling menguatkan,” jelas dia.

Sementara, Peserta Klinik Bisnis Intan Sri  Putriani  mengaku, kegiatan Klinik Bisnis bisa menambah pengalaman dan pengetahuan serta mendapatkan  hal-hal yang bermanfaat dalam menjalankan kegiatan usaha.

“Kedepan, Klinik Bisnis bisa menghadirkan narasumber yang lebih banyak,” pungkasnya.

Sumber: https://limawaktu.id/ekonomi/menggali-potensi-dan-peluang-usaha-dengan-klinik-bisnis