Klinik Bisnis Sarana Pengembangan UKM berbasis Komunitas


Beberapa tahun belakangan ini, acara Klinik Bisnis IEC selalu diminati oleh para anggota, baik yang baru ataupun yang lama. Kenapa acara ini menjadi menarik? Karena acara ini berbasis komunitas.

Dalam Klinik Bisnis, beberapa anggota yang sudah menjalankan usahanya, berbagi pengalaman dan cerita bagaimana mereka membangun usaha hingga berhasil. Dengan demikian, peserta mendapat pengalaman yang:

1. Lokal. Berdasarkan keberhasilan yang terjadi di sekitar mereka, bukan kisah sukses yang terjadi jauh dari lingkungan dan terlalu mengawang- awang;
2. Menginspirasi. Memacu semangat untuk meraih keberhasilan berwirausaha;
3. Real. Memahami bahwa membangun usaha itu perlu kesabaran, kreativitas, skills, dan tidak ada sukses yang instan.

Dalam berbagi cerita, peserta sangat antusias bertanya jawab. Hal- hal teknis yang menyangkut rahasia usaha tentu tidak usah dibagikan secara terbuka, misalnya racikan bumbu, tingkat keuntungan, dsb. Yang dibagikan adalah hal- hal yang umum dan bisa direplikasi.

Setelah itu, coach merekap/ menyimpulkan, berdasarkan sharing tersebut, dengan menggunakan suatu framework. Dalam hal ini misalnya tentang Marketing Mix. Produk, Harga, Lokasi dan Promosi. Sehingga peserta memiliki kerangka berpikir yang terstruktur dalam proses problem solving di masing- masing usahanya.

Basis Komunitas ini dapat dilakukan di mana saja, oleh siapa saja. Jadi, coba ya diadakan di daerah masing- masing. Salam!