Salesmanship bagi Wirausaha Baru


Kebanyakan kita saat ingin memulai berwirausaha, selalu berpikir tentang bisnis apa, produk apa, siapa pembelinya, dst. Meskipun itu semua benar dari sudut pandang marketing, satu hal yang sering luput dari perhatian padahal teramat penting adalah SALESMANSHIP atau KEWIRANIAGAAN.

Sebagus apapun produk kita dengan harga yang pas di kantong pembeli yang dituju, tetap saja diperlukan upaya mengeksekusi dalam bentuk transaksi atau penjualan. Nah di sinilah peran besar Salesmanship dalam kewirausahaan dan pengembangan usaha.

Terlebih lagi, kita sekarang berada dalam era kompetisi yang semakin ketat dan keterbukaan informasi yang membutuhkan diferensiasi tidak hanya dalam produk, melainkan juga diferensiasi sebagai INDIVIDU.


Penjualan adalah aktivitas yang mestinya menjadi makanan sehari- ari seorang wirausaha. Berikut ini beberapa manfaat mengapa seorang wirausaha harus juga menguasai salesmanshiup dengan baik.

Salesmanship Menumbuhkan Kepemimpinan.

Anda tidak dapat memimpin jika tidak mampu mempengaruhi orang, karyawan, atau komunitas. Anda harus mampu menjual ide- ide Anda sehingga dieksekusi oleh karyawan dengan bersemangat. Itu sebabnya, salesmanship teramat penting dalam pengembangan kepemimpinan Anda.

Salesmanship Membuka Kucuran Modal.

Modal adalah salahsatu juga faktor penting dalam entrepreneurship. Bagaimana kemampuan Anda menarik modal investor sangat bergantung bagaimana cara anda menjual gagasan dan ide tentang usaha Anda. Ini membutuhkan salesmanship yang kuat.

Salesmanship Menjual Produk Anda.

Ya, siapa lagi yang bisa menjual produk Anda selain Anda sendiri? Sebagai wirausaha pemula, Anda mungkin belum mampu untuk membiayai armada penjual. Konsekwensinya, produk harus Anda jual sendiri.

Kalaupun suatu ketika ada tenaga penjualan yang membantu, atau agen penjualan, tetap Anda sebagai principal produk harus memberi contoh bagaimana cara menjual yang efektif.


Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan kemampuan penjualan Anda dengan mengikuti Pelatihan SpeedSelling dari OVICIA.